Observasi Pembelajaran Pak Protasius Wago di Kelas XI Teknik Otomotif

Beige Gray Minimalist Branding Photo Collage Facebook Post

Pada hari Senin, 4 Maret 2024, Dra. Safirah Cornelia Abineno, Kepala SMK Negeri 5 Kupang, melakukan observasi pembelajaran terhadap Pak Protasius Wago, S.Pd di kelas XI Teknik Otomotif (TO). Observasi ini dilakukan pada saat Pak Protasius mengajar materi prosedur penggunaan kendaraan ringan. Tujuan observasi ini adalah untuk:

  • Mengevaluasi efektivitas pembelajaran Pak Protasius
  • Memberikan masukan kepada Pak Protasius untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya
  • Memenuhi persyaratan penilaian kinerja guru.

Kepala sekolah menggunakan metode observasi langsung dengan menggunakan lembar observasi. Lembar observasi ini berisi beberapa aspek yang diamati, seperti:

  • Keaktifan siswa
  • Penggunaan media pembelajaran
  • Pencapaian tujuan pembelajaran
  • Fokus perilaku yang diobservasi

Berdasarkan hasil observasi, diperoleh beberapa temuan sebagai berikut:

  • Pak Protasius menjelaskan materi dengan jelas dan mudah dipahami
  • Siswa cukup aktif dalam pembelajaran
  • Pak Protasius menggunakan media pembelajaran yang menarik
  • Tujuan pembelajaran tercapai dengan baik
  • Perilaku yang diobservasi sudah diterapkan dan efektif

Secara keseluruhan, pembelajaran yang dilakukan oleh Pak Protasius Wago di kelas XI Teknik Otomotif sudah efektif. Pak Protasius mampu menjelaskan materi dengan jelas dan menarik, sehingga siswa dapat memahami materi dengan baik. Selain itu, Pak Protasius juga menggunakan media pembelajaran yang menarik dan mampu membuat siswa aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi, kepala sekolah memberikan beberapa rekomendasi kepada Pak Protasius Wago untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya, yaitu:

  • Meningkatkan variasi metode pembelajaran
  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih banyak praktik
  • Melakukan penilaian secara berkala
  • Meningkatkan pembelajaran mengenai pembelajaran berdiferensiasi di PMM.

 

Admin

Artikel Terkait