SMK Negeri 5 Kupang Terapkan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

WhatsApp Image 2024-03-12 at 19.12.25

Kupang, Rabu 06 Maret 2024 – Dra. Safirah Cornelia Abineno, Kepala SMK Negeri 5 Kupang, melakukan observasi kelas di kelas X TET 1 dan X DPIB pada hari Rabu, 06 Maret 2024. Observasi ini bertujuan untuk Penilaian Pengelolaan Kinerja di PMM dan melihat penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran Projek IPAS.

Kegiatan observasi ini difokuskan pada elemen pembelajaran Konektivitas antar ruang dan waktu. Ibu Safirah mengamati proses pembelajaran yang dipimpin oleh Ibu Petronela Mero Wungubelen, St dan Ibu Marta Ga Bani, S.Pd, guru Projek IPAS.

Ibu Safirah melihat bahwa guru menggunakan metode pembelajaran diskusi kelompok dan media yang kreatif dan menyenangkan. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil dan mereka diminta untuk menyelesaikan tugas dan mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas.

Ibu Safirah memberikan apresiasi atas usaha dan dedikasi guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Beliau juga memberikan beberapa saran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, antara lain:

  • Lebih bervariasi dalam memberikan pilihan aktivitas belajar: Memberikan pilihan tugas dan aktivitas belajar yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa.
  • Memberikan umpan balik yang lebih personal: Memberikan umpan balik yang spesifik dan konstruktif kepada setiap siswa.
  • Meningkatkan penggunaan teknologi: Menggunakan teknologi untuk mendukung pembelajaran berdiferensiasi.

Ibu Safirah yakin bahwa dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, kebutuhan belajar setiap siswa akan terpenuhi dan kualitas pembelajaran akan meningkat.

Admin

Artikel Terkait